Selasa, 20 April 2010

BAB I PENDAHULUAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Indonesia merupakan negara yang kaya akan seni dan budaya yang tidak ternilai harganya, dari Sabang sampai Merauke terdapat ratusan bahkan ribuan seni budaya, adat istiadat, serta kebiasaan-kebiasaan yang merupakan ciri khas Indonesia. Setiap wilayah memiliki seni dan kebudayaan yang beraneka ragam. Salah satu contoh adalah batik. Batik merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Kurangnya pemasaran, membuat masyarakat tidak terlalu mengenal batik. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, di samping menghasilkan pendapatan financial, batik juga dapat dilestarikan.
Pada umumnya pembelian, penjualan dan pemesanan batik dilakukan di toko atau butik. Namun, dalam memasarkan produk batik, penjual mendapat beberapa hambatan, diantaranya lokasi toko bukan di jalan protokol sehingga banyak orang yang tidak mengetahui keberadaannya. Model-model pakaian tidak banyak, sehingga membuat calon pelanggan tidak jadi membeli. Pembayaran harus tunai menyebabkan pembeli yang membawa kartu kredit tidak dapat membeli barang.
Di lain pihak, pembeli juga sulit mendapatkan informasi tentang toko batik, karena sedikit toko yang menjual aneka batik dan kalaupun ada, diperlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk mencari lokasi penjualan batik.
Untuk menjembatani kebutuhan penjual dan pembeli, sekarang transaksi penjualan dapat dilakukan melalui media internet yang disebut toko online. Pemasaran online batik dilakukan untuk mempromosikan batik kepada khalayak luas meskipun lokasi penjualan tidak berada di jalan protokol.
Hal ini juga menghemat waktu dan tenaga serta memudahkan pembeli yang tidak memiliki waktu luang untuk berbelanja langsung ke toko atau outlet.

1.2 Batasan Masalah
Penulisan ilmiah ini membatasi masalah dengan tidak membahas masalah kecurangan-kecurangan yang dilakukan orang ( misalkan kasus pencurian barang, tidak disiplinnya pemberian laporan oleh bagian Penjualan, dan sebagainya), tidak membahas pula sejumlah barang yang masih ada di pemasok (belum sampai ke gudang). Penulisan ilmiah ini hanya merancang sampai membangun situs batik, dan juga informasi penjualan batik, berikut harga dari masing-masing barang.

1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memasarkan batik agar lebih dikenal masyarakat luas dan dengan itu diharapkan penjualan produk akan meningkat sekaligus membuat aplikasi pemesanan dan pembayaran barang untuk mempermudah proses transaksi secara online.

1.4 Metode Penulisan
Metode penelitian yang digunakan dalam proses pembuatan penulisan ilmiah ini yaitu melakukan pengumpulan data secara teoritis melalui riset dengan membaca buku serta bahan-bahan yang berhubungan dengan penulisan ilmiah ini. Software yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah CMS untuk mengatur tampilan dan MySQL sebagai database pada web aplikasi ini. Macromedia Dreamweaver 8.0 digunakan untuk tempat pengeditan tampilan dan meng-upload file kedalam web aplikasi menggunakan fileZilla. Hardware computer dengan sfesifikasi minimum sebagai berikut :
1. Processor Onboard Intel® Core™2 Duo Processor T6400 (2 GHz, FSB 800, Cache 2 MB)
2. RAM 2 GB DDR2 SDRAM PC-6400
3. Video Type Intel® Graphics Media Accelerator 4500MHD 220 MB (shared)
4. HDD 250GB
5. DVD RW

Tahap pembuatan website aplikasi pemasaran batik, yaitu :
1. Pembuatan rancangan database yang digunakan dan perancangan tampilan web seperti tombol-tombol navigasi dan link.
2. Pembuatan rancangan output.

1.6 Sistematika Penulisan
Penulisan ilmiah ini dipaparkan dalam beberapa bab, yaitu :
BAB I PENDAHULUAN
Menguraikan secara umum latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini akan dijelaskan tentang pemahaman internet, homepage, HTML, web browser, World Wide Web, dan teori-teori dasar dari pemrograman web dengan menggunakan macromedia dreamweaver serta database yang digunakan adalah mySQL.
BAB III PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang struktur navigasi web, rancangan tampilan web, pembuatan database, langkah upload files serta spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak dan struktur navigasinya.
BAB IV PENUTUP
Pada bab ini disampaikan kesimpulan pada bahasan yang telah dilakukan. Dikemukakan juga beberapa saran untuk dipertimbangkan dan dimanfaatkan untuk memperbaiki kekurangan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar